SPLDV

Menyelesaikan sebuah SPLD bisa dengan eliminasi, substitusi, determinan matriks, atau invers matriks. Semua cara itu akan menghasilkan himpunan penyelesaian yang sama. Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ini adalah salah satu materi yang sering dipakai dalam matematika. Tahun lalu saya mulai “mengenal” salah satu penyelesaian yang anak-anak kelas XII menyebut dengan “silang jauh silang dekat” atau kelas XII tahun ini menyebut dengan “silang kanan silang kiri”. Sebuah pernyataan yang dimaksudkan agar lebih mudah dalam mengingat cara penyelesaian nya. Sebenarnya, ketika kita amati pola penyelesaian yang satu ini adalah penyelesaian SPLDV dengan determinan matriks ordo 2×2.

Perhatikan penjelasan berikut:

SPLDV dengan DETERMINAN MATRIKS

Cara ini bisa juga kita gabungkan dengan cara substitusi. Salah satu nilai variabel kita tentukan dengan determinan kemudian variabel kedua kita tentukan dengan substitusi.

Oke. Sekarang kalian bisa bandingkan penyelesaian dengan eliminasi atau substitusi seperti biasa atau penyelesaian “silang kanan silang kiri” (determinan matriks) ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s